Selasa, 02 Juli 2013

belajar vb.net 2010


Diberitahukan kepada semua pembaca setia blog Putra VB ini, bahwa blog ini tidak akan di-update atau diperbaharui isinya setiap bulan seperti biasa lagi.

Sebagai gantinya, khusus bagi pembaca yang mendalami ilmu pemrograman Visual Basic .NET telah disediakan EBOOK (buku digital) yang bisa di download disini. Sama halnya dengan blog ini sebelumnya, EBOOK tersebut akan terus di-update isinya secara berkala.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan Terima kasih atas selama ini selalu setia membaca blog ini.

Aplikasi Pencari Web

Aplikasi ini hanyalah aplikasi sederhana yang dibuat untuk pengguna internet agar memudahkan pecarian web di internet seperti menggunakan Google, Yahoo, Bing, dll.

EDraw Office Viewer

EDraw Office Viewer adalah Kontrol yang digunakan untuk membantu menampilkan file office Word, Excel, PowerPoint ke dalam Form.

Visual Styler

Visual Styler adalah Kontrol yang digunakan untuk mengubah tampilan dari Form beserta kontrol didalamnya. Tampilannya dapat dirubah menjadi seperti Office, Mac, atau Vista.

Menekan Tombol dengan kode

Berikut cara menekan Tombol / Button menggunakan kode, jadi tanpa melakukan klik menggunakan pointer mouse.

Tulis kode berikut di event '(Declarations)' dari Form
[ VB 6.0 ]
Private Declare Function SendMessage Lib "user32" Alias "SendMessageA" (ByVal hwnd As Long, ByVal wMsg As Long, ByVal wParam As Long, lParam As Any) As Long

Private Declare Sub Sleep Lib "kernel32" (ByVal dwMilliseconds As Long)
[ VB .NET ]

Progress di Taskbar

Cara menambahkan Progress di Taskbar ini hanya bisa diterapkan pada Windows 7 menggunakan VB .NET. Library yang digunakannya adalah WindowsAPICodePack.

Mendeteksi Versi MS Office

Cara termudah untuk mendeteksi versi MS Office yang ter-install di komputer, yaitu dengan cara membaca nilai registry. Berikut kodenya :

Tulis kode function ini di Module baru :
Function VersiOffice(ByVal Aplikasi As String) As String
    On Error GoTo Ero
    Dim Reg As Object
    Dim s As String
      
    Set Reg = CreateObject("Wscript.Shell")

ListBox yang bisa di Edit

Agar item yang terdapat di ListBox bisa di edit, maka diperlukan cara khusus dengan mengkombinasikannya dengan TextBox. Berikut caranya :

Aplikasi Pinger

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berguna untuk melakukan ping ke website. Aplikasi ini juga berguna untuk menyetabilkan koneksi internet yang lemah.

Aplikasi Penge-"Block" Website

Ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk menge-block atau memblokir Komputer untuk mengakses website / situs tertentu dari Browser.
KeyWord : situs blog microsoft visual basic indonesia, vb6, vb .net, vb 2003, vb 2005, vb 2008, vb 2010, vb express, vba excel, vba access, vb script, kumpulan artikel kode vb, kumpulan source code vb, membuat aplikasi vb, permainan vb, makalah vb, skripsi vb, form vb, kontrol vb, fungsi vb, prosedur vb, tutorial vb, tip trik vb, belajar vb, diskusi vb, jahil vb, iseng vb

2 komentar: